Assalamu'alaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Ashadualla Ilahailallah wa Asyhadu anna
muhammadarrasulullah,
berikut adalah adapun contoh penerapan
Algotima dalam game ;
PACMAN
Pacman adalah sebuah permainan video arkade yang cukup terkenal. Cara
bermainnya mudah yaitu pemain (pacman) diharuskan memakan makanan (berbentuk
titik-titik kecil) dan sebuah bulatan besar (energizer) sampai habis di dalam
sebuah labirin yang berliku-liku. Tidak hanya menghabiskan makanan tersebut,
pemain juga harus menghindari 4 ‘hantu’ yang berkeliaran secara random untuk
menangkap pemain. Jika pemain bertemu dengan hantu-hantu tersebut maka pemain
dinyatakan gagal dan harus mengulangi dari awal lagi. Tetapi pemain bisa
mengalahkan hantu tersebut dengan memakan energizer yang terdapat di pojokkan
labirin. Jika pemain memakan titik besar tersebut, maka para hantu akan
ketakutan dan berusaha menjauh dari pemain. Dalam hal ini pemain bisa memakan
hantu tersebut dan mendapatkan bonus yang besar, tetapi para hantu yang
termakan tidak mati begitu saja, mereka kembali ke posisi semula dan kembali
mengejar pemain. Pemain dinyatakan menang jika semua makanan habis tak tersisa
dan pemain akan memasuki level berikutnyaPergerakan para hantu ini dipengaruhi
oleh kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI), dimana para hantu
diberi kecerdasan untuk menentukan langkah dan mengambil keputusan akan
bergerak kemana dengan menentukan rute yang paling pendek (minimum),
Tujuan game
tujuannya adalah menangkap pemain. Setiap hantu harus memiliki pemikiran berbeda dan memiliki kemampuan bekerja sama untuk mengejar pemain, sehingga permainan akan tampak lebih menarik. Persoalan mendekati karakter Pacman ini dapat diselesaikan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggunakan algoritma greedy
algoritma greedy
Algoritma
Greedy membentuk solusi langkah per langkah (step by step). Terdapat banyak
pilihan yang perlu di eksplorasi pada setiap langkah solusi, karenanya pada
setiap langkah harus dibuat keputusann yang terbaik dalam menentukan
pilihan.Keputusan yang telah
diambil pada
suatu langkah tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. Sebagai contoh,
jika kita manggunakan algoritma Greedy untuk menempatkan komponen diatas papan
sirkuit, sekali komponen telah diletakkan dan dipasang maka tidak dapat
dipindahkan lagi.
Pada setiap
langkah diperoleh optimum lokal. Bila algoritma berakhir, kita berharap optimum
lokal menjadi optimum global.
Algoritma
Greedy adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mendapatkan
solusi terbaik dan merupakan algoritma yang paling populer dalam hal ini.
Secara
Harfiah Greedy artinya rakus atau tamak, sifat yang berkonotasi negatif. Orang
yang memiliki sifat ini akan mengambil sebanayak mungkin atau mengambil yang
paling bagus atau yang paling mahal. Sesuai dengan arti tersebut, Prinsip
Greedy adalah take what you can get now. Dalam kehidupan sehari hari Greedy
dapat digunakan dalam masalah seperti :
Memilih
beberapa jenis investasi
Mencari
jalur tersingkat ini merupakan implementasi untuk game pacman
Tetap sehat tetap semangat kita ketemu lagi besok Insyaallah dengan materi yang materi yang baru dan See you, Good job, well done semua wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar